Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Muharam mendapat julukan “Bulan Allah” (Syahrullah) dan merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam.

Bulan Muharam juga dikenal sebagai bulan bersejarah bagi nabi-nabi.

Bulan pertama dalam hitungan kalender Qamariyah ini terdapat anjuran amalan sunah, di antaranya adalah puasa dan memperbanyak sedekah.

Doa Rasulullah SAW di Awal Tahun menyambut Tahun Baru.
Itu sebagai bentuk kepasrahan diri, permohonan rahmat, perlindungan, dan keberkahan hidup kepada Allah SWT.

Doa Akhir Tahun Dzulhijjah:
اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ
Artinya, “Yaa Allah, semua larangan-Mu yang telah aku terjang pada tahun ini, sedangkan aku belum bertaubat, padahal Engkau tidak ridha kepadaku dan tidak melupakannya, dan Engkau bersabar karena kasih sayang-Mu padahala Engkau sanggup menyiksaku, lalu Engkau seru untuk bertaubat setelah aku melakukan maksiat, maka sekarang aku memohon ampunan-Mu, ampunilah aku. Dan segala yang telah aku lakukan, yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala, aku mohon terimalah amalku itu, Yaa Allah Yang Maha Mulia, Pemilik keagungan dan kemuliaan”.

Doa Awal Tahun Muharam:
اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ
Artinya, “Yaa Allah, Engkaulah Zat Yang Kekal, Qadim, dan Awal. Berkat rahmat-Mu yang agung dan anugrah-Mu yang melimpah, tahun baru telah datang. Maka aku mohon perlindungan-Mu dari gangguan setan, para pembantu serta tentaranya, bantulah aku dalam menghadapi nafsu yang menyeru kepada kemunkaran, berilah aku kesibukan yang dapat mendekatkan diriku kepada-Mu sedekat-dekatnya, wahai Zat Pemilik keagungan dan kemuliaan, Zat Yang Maha Pengasih”.
🕌🕌🕌🕌🕌

Semoga Allah SWT menerima amalan² Ibadah Kita di Tahun 1440 H dan Kita bisa meningkatkan Ibadah di Tahun 1441 H.
Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.

Yayasan Bangun Kemandirian Indonesia Terpadu