Anak-anak Binaan YABANGKIT

Berbicara mengenai Al-Qur’an sungguh indah dan tidak akan ada usainya. MENGAPA?

Karena dengan al-Qur’an sebagai petunjuk, pembeda dan penjelas kebenaran ilahi yang sejati inilah membawa begitu banyak mafaat yang tiada tara, menjadi sumber pengetahuan yang tidak terkira, menjadi sumber hukum yang adil dan pedoman hidup umat manusia. Sesungguhnya Al-Qur’an itu kitab yang tidak ada keraguan didalamnya. Selain itu Al-Qur’an juga memberi banyak manfaat bagi umat manusia.

Ibnu Shalah (wafat tahun 643 H) seorang ulama dan penulis kitab ‘Al-Muaqaddimah’, Mengatakan bahwa;

“Membaca al-Qur’an merupakan satu kemuliaan yang diberikan Allah Swt kepada umat manusia. Sesungguhnya para malaikat tidak diberikan kemulian itu. Mereka merindukan diberikan kemuliaan tersebut agar dapat mendengarnya.” (al-Itqan fi Ulum al-Qur’an 1/291)

Membaca al-Qur’an adalah ibadah utama yang dipersembahkan kepada Allah Swt. Rasulullah Saw menegaskan,

اَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِى قِرَاءَةُ الْقُرْ اٰنِ –رواه البيهقى

“Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca al-Qur’an.” (HR. Baihaqi)
Berikut ini adalah Keutamaan Membaca Al-Qur’an;

Pahala Berlipat Ganda

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi / 2327)

Diberikan Cahaya yang Terang Di Dunia dan Akhirat

Rasulullah bersabda: “Siapa yang menyimak ayat dari kitabullah, dituliskan baginya kebaikan yang berlipat. Dan siapa yang membacanya, maka baginya cahaya di hari kiamat.” (HR. Ahmad).

Obat Kegundahan Hati

Sungguh beruntunglah orang-orang yang selalu membersihkan hati dan jiwanya, membersihkan ruhnya dan setelah itu diisi dengan berdzikir kepada Allah mengingat Allah menyebut-nyebut Allah dan menyambungkan dirinya hanya dengan Allah SWT. (Q.S. Al-Syams: 9)

Pemberi Syafaat

Siapa yang membaca Al-Quran dan mengikuti petunjuknya, maka Allah akan memberinya hidayah didunia, dan melindunginya dari buruknya hisab amalan dihari akhir (kiamat) kelak, karena Allah telah berfirman: “Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku maka ia tidak akan tersesat (di dunia) dan sengsara (di akhirat). (Q.S. Thaha: 123)

Semoga bermanfaat
Warhamdulillahirabbil’alamin
SALAM YABANGKIT